PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

QURROTUL A’YUNI RIZQIYANI, SUMARYADI (2023) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
QURROTUL A'YUNI RS_E1R019125_skripsi dan lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text
QURROTUL A'YUNI RS_E1R019125_ARTIKEL.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dengan numbered head together terhadap prestasi belajar siswa kelas viii SMP negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Mataram, sebanyak 11 kelas dengan jumlah total 404 siswa. Dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 (VIII G) dan eksperimen 2 (VIII C). Kelas VIII G diberikan perlakuan berupa penerapan model tutor sebaya dan kelas VIII C diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran numbered head together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Uji prasyarat dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas varians menggunakan uji barlet. Analisis data menggunakan uji paired t-test dan uji independen sampel t-test untuk menguji rata-rata prestasi belajar. Hasil analisis data dengan menggunakan uji paired t-test menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran tutor sebaya dengan numbered head together. Dan hasil analisis data menggunakan uji independen sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata post-test matematika pada materi peluang kelas VIII C dan VIII G. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa pada materi peluang kelas VIII G lebih tinggi dari rata-rata prestasi belajar siswa kelas VIII C. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan pengaruh model pembelajaran tutor sebaya dengan numbered head together terhadap prestasi belajar siswa kelas viii SMP negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tutor Sebaya, Numbered Head Together, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43032

Actions (login required)

View Item View Item