PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERBASIS PROYEK PADA KELAS X SMA NEGERI 1 MONTA

NUR, FAIDAH (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERBASIS PROYEK PADA KELAS X SMA NEGERI 1 MONTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NURFAIDAH_161_FINISH 1OK (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Salin-ARTIKEL NURFAIDAH E1C019161.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis kearifan lokal dengan menggunakan metode berbasis proyek pada kelas X SMA Negeri 1 Monta. Masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek. 2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek ditinjau dari segi struktur. 3) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek ditinjau dari piranti kebahasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Monta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian dari analisis kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek menunjukan bahwa, 1) Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek rata-rata siswa mampu menulis teks anekdot dari usul proyek yang dikerjakan oleh siswa. 2) Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek ditinjau dari segi struktur berada pada kategori sangat mampu hal ini karena rata-rata pemerolehan skor siswa dari segi struktur yaitu 89,65 (kategori sangat mampu). 3) Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek ditinjau dari piranti kebahasaan berada pada kategori mampu hal ini karena rata-rata pemerolehan skor siswa dari segi struktur yaitu 74,48 (kategori mampu). Berdasarkan hasil akhir peneltian, secara keseluruhan berada pada kategori mampu. Hal ini dikarenakan rata-rata pemerolehan skor akhir siswa yaitu 83,79 , nilai akhir tertinggi yaitu 100 dikategorikan sangat mampu dan nilai akhir terendah yaitu 60 dikategorikan cukup mampu. Kesimpulannya bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot berbasis proyek dari segi struktur dan piranti kebahasaan dapat dikatakan mampu dalam menghasilkan teks anekdot.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): teks anekdot, pembelajaran berbasis royek, struktur, piranti kebahasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:37
Last Modified: 01 Nov 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43054

Actions (login required)

View Item View Item