PENGARUH PERCERAIAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PONDOK PERASI AMPENAN KOTA MATARAM TAHUN 2023 (STUDI KASUS)

NAJA, FAHIRA (2023) PENGARUH PERCERAIAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PONDOK PERASI AMPENAN KOTA MATARAM TAHUN 2023 (STUDI KASUS). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAJA ( 26 Oktober 2023) fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Naja Fahira,JIP Unram Revisi.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengasuhan single parent dalam perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh perceraian terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Pengasuhan single parent merupakan pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua tunggal dan perkembangan sosial emosional adalah jalinan interaksi anak dengan orang orangtua, maupun masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan karena banyak kasus single parent yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini dilakukan di Desa Pondok Perasi Ampenan Kota Mataram Tahun 2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 2 anak yang diasuh oleh bapak dan 2 anak yang diasuh oleh ibu berusia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan wawancara. Perbedaan pengasuhan oleh ibu tunggal dan bapak tunggal terlihat berbeda yaitu pada pengasuhan bapak menggunakan pola asuhdemokratis ditandai dengan adanya sikap terbuka antara orang tua dengan anaknya. Mereka membuat aturan-aturan yang disetujui bersama. Anak diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapat, perasaan, dan keinginannya. Dalam pengasuhan ibu menggunakan pola asuh permisif ditandai dengan adanya kebebasan yang diberikan pada anak untuk berperilaku sesuai dengan keinginannya sendiri. Hasil penelitian pengaruh perceraian terhadap perkembangan sosial emosional anak terlihat cukup baik dan mampu menjadi orangtua single parent yang dapat menempatkan diri sebagai bapak dan ibu sekaligus dalam mengasuh perkembangan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perceraian, Perkembangan Sosial Emosional Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:37
Last Modified: 01 Nov 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43057

Actions (login required)

View Item View Item