PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PICTORIAL RIDDLE BERORIENTASI PADA MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMKN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

BAIQ AMINATUZ, ZUHRO (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS PICTORIAL RIDDLE BERORIENTASI PADA MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMKN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Aminatuzzuhro (E1R019025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Artikel Baiq Aminatuzzuhro (E1R019025).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle berorientasi pada minat dan pemahaman konsep matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Boga pada salah satu SMK di Kota Mataram. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis kelayakan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan analisis keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran poster berbasis Pictorial Ridlle yang telah dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 2) Respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan sebesar 76% dengan kategori praktis. 3) Peningkatan minat belajar matematika peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran memperoleh nilai Normalized Gain sebesar 10,21% dengan kategori rendah. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle memperoleh nilai Normalized Gain sebesar 58,9% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis, media pembelajaran poster berbasis Pictorial Riddle telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pictorial riddle, poster, media pembelajaran, minat belajar matematika, pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 10:10
Last Modified: 03 Nov 2023 10:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43068

Actions (login required)

View Item View Item