PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SMA NEGERI 1 LINGSAR

Echa, Noviani (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA DI SMA NEGERI 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ECHA NOVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_ECHA NOVIANI.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya pendorong atau penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kemauan untuk belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar. Keterampilan Kolaborasi merupakan jenis interaksi sosial dan proses belajar yang spesifik dimana anggota kelompok dapat secara aktif dan konstruktif dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan pembelajaran berbasis penemuan terhadap motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Variabel bebas penelitian yaitu penerapan pembelajaran yang berbeda, sedangkan variabel terikat yaitu motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa. Data motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa diperoleh dari hasil tes masing-masing kelas. Pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian didapatkan nilai sig. (p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis penemuan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berbasis penemuan, motivasi belajar, keterampilan kolaborasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:33
Last Modified: 03 Nov 2023 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43082

Actions (login required)

View Item View Item