PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 LEMBAR

RANIA, SURAYYA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS KIMIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ RANIA SURAYYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_RANIA SURAYYA.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media lectora inspire terhadap keterampilan proses sains kimia pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Lembar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Lembar dengan sampel penelitian X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen (X MIPA 1) berupa pembelajaran kimia menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran berbasis lectrora inspire, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil test keterampilan proses sains yang diperoleh melalui pretest dan posttest, diperoleh nilai pretest sebesar 29.74, nilai posttest sebesar 53.53 dan N-gain sebesar 0.34 di kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 29.27, nilai posttest 39.79 dan N-gain 0.15. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t-test polled varians dan diperoleh thitung (5.1375) > ttabel (2.001). Berdasarkan perbandingan N-gain, kelas eksperimen > kelas kontrol dan thitung > ttabel menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains kimia siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media pembelajaran berbasis lectora inspire berpengaruh pada keterampilan proses sains kimia pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan proses sains, project based learning, reaksi redoks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:33
Last Modified: 03 Nov 2023 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43084

Actions (login required)

View Item View Item