PENERAPAN METODE RESIPROCAL BERBANTUAN FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 DI MAN 2 MATARAM

LALU MUHAMMAD, MAULANA MALIK IBRAHIM (2023) PENERAPAN METODE RESIPROCAL BERBANTUAN FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 DI MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LALU MUHAMMAD MAULANA MALIK IBRAHIM (E1S019049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Lalu Muhammad Maulana Malik Ibrahim.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini direncanakan untuk melihat penerapan model Resiprocal berbantuan Fotonovela dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa XI IPS 2 MAN 2 Mataram pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini mengharapkan untuk lebih hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan model Resiprocal berbantuan Fotonovela. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang masing - masing terdiri dari 3 kali tatap muka. Merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi setiap siklus. Tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi merupakan instrumen penelitian. Hasil penelitian memaparkan bahwa keahlian hasil belajar siswa bisa ditingkatkan melalui penggunaan model resiprocal berbantuan fotonovela, pada tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Selain dari hasil belajar siswa meningkat dari 50,5% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Mengingat konsekuensi dari tinjauan ini, pendidik harus menerapkan model Pembelajaran Resiprocal berbantuan Fotonovela dalam mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan model Resiprocal berbantuan Fotonovela dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di MAN 2 Mataram dalam pembelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fotonovela,Hasil belajar, Resiprocal,Sociologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:33
Last Modified: 03 Nov 2023 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43088

Actions (login required)

View Item View Item