SURVEY KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN GUGUS I KECAMATAN MATARAM

BAIQ RUFAIDA, AGUSTINA (2023) SURVEY KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN GUGUS I KECAMATAN MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ RUFAIDA AGUSTINA_E1E019063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Baiq Rufaida Agustina_E1E019063.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA Baiq Rufaida Agustina_E1E019063.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Gugus I Kecamatan Mataram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun jumlah sampel penelitian adalah empat sekolah yang terdiri dari guru kelas I dan guru kelas IV yang ada di SDN Gugus I Kecamatan Mataram. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah metode angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi tentang “Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di SDN Gugus I Kecamatan Mataram”. Uji validitas instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validasi ahli. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata deskriptif persentase dari ketujuh indikator kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yaitu sebesar 83,75% dan termasuk dalam kriteria “Tinggi”. Nilai deskriptif persentase tertinggi diperoleh pada kemampuan guru dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik serta kemampuan guru dalam melakukan penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik siswa yang memiliki nilai deskriptif persentase sebesar 87,5% dan termasuk dalam kriteria “Tinggi”. Nilai deskriptif persentase terendah diperoleh pada kemampuan guru dalam melakukan pelaporan kemajuan belajar yang memiliki nilai deskriptif persentase sebesar 68,75% dan termasuk dalam kriteria “Sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berdiferensiasi, Guru, Kemampuan, Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43093

Actions (login required)

View Item View Item