PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 18 TANJUNG LUAR TAHUN 2023

BAIQ YAYIT, YUZILA (2023) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 18 TANJUNG LUAR TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PALING SERIUS AAMIIN BAIQ YAYIT YUZILA - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL BAIQ YAYIT YUZILA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
49. LOA Bq yayit, 231018.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak di TK PGRI 18 Tanjung Luar, dilihat dari rendahnya minat anak dalam berkreasi, kurangnya imajinasi anak yang membuat anak lebih suka meniru daripada membuat kreativitas sendiri, dan belum bisa menyalurkan kreativitas yang dimilikinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 18 Tanjung Luar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan analisis data kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 10 anak dan berkolaborasi dengan 1 guru. Hasil analisis data siklus I pertemuan pertama dan kedua menyatakan beberapa anak belum mampu mengajukan pertanyaan tentang apa yang tidak diketahuinya, beberapa anak belum mampu menyelesaikan kegiatan tanpa bantuan guru dan beberapa anak belum mampu mengungkapkan keindahan alam yang dilihatnya. Sehingga persentase pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 60%, skor persentase belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karna itu peneliti melanjutkan tindakan siklus II, pertemuan pertama dan kedua mendapatkan hasil bahwa semua tahapan sudah terlaksana, dengan rata-rata persentase sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 18 Tanjung Luar Tahun 2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak Usia Dini, Kreativitas, Metode Outdoor Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43096

Actions (login required)

View Item View Item