ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 TALIWANG

RISKA ADE, UTARI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 1 TALIWANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIXX RISKA (EDIT).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
5556-Article Text-28851-1-10-20231031.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengidentifikasi siswa berkebutuhan khusus di SDN 1 Taliwang, Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Langkah-langkah penelitian studi kasus yang dilakukan ialah identifikasi kasus, menganalisis kasus, progres pelaksanaan penanganan dan follow-up atau tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model dari Milles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru reguler, dan guru pendamping khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 1 Taliwang belum dapat melakukan tahapan penjaringan (screening) dibuktikan bahwa guru tidak memberikan tes kepada siswa menggunakan alat identifikasi atau alat instrument-instrument yang tepat. Guru di SDN 1 Taliwang telah melakukan pengalihtanganan (referral) ke pihak yang lebih professional atau psikologi sejak awal penerimaan hingga kenaikan kelas. Guru di SDN 1 Taliwang tidak melakukan klasifikasi karena semua siswa yang dikatakan ABK langsung dilayani dan diberikan pelayanan khusus di kelas reguler.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak Berkebutuhan Khusus, Kemampuan Guru, Identifikasi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43098

Actions (login required)

View Item View Item