EFEKTIVITAS METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG SISWA KELAS II di SDN 35 AMPENAN

PEBI ALISIYAH, PEBRIANTI (2023) EFEKTIVITAS METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN DASAR BERHITUNG SISWA KELAS II di SDN 35 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PEBI ALISIYAH PEBRIANTI (NIM.E1E019254) PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL PEBI ALISIYAH PEBRIANTI (NIM.E1E019254) PGSD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari metode jarimatika terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II di SDN 35 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental design. Subjek penelitian ini adalah 41 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknis tes dan non-tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dikatakan normal dan homogen maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,892. Jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa ttabel 1,685. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 2,892 > 1,685 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada hasil perhitungan uji N-Gain didapatkan hasil sebesar 0,8 yang artinya bahwa metode jarimatika efektif terhadap kemampuan dasar berhitung siswa kelas II SDN 35 Ampenan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai post-test dan pre-test yang artinya metode jarimatika efektif ditinjau dari kemampuan dasar berhitung siswa kelas II sekolah dasar di SDN 35 Ampenan tahun ajaran 2022/2023 dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai g > 0,7 yaitu 0,8 dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas, Metode Jarimatika, dan Kemampuan Dasar Berhitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43100

Actions (login required)

View Item View Item