PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS MATERI PECAHAN BERBANTU LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V

DEVITHA OCTAVIANA, WIRAWAN (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS MATERI PECAHAN BERBANTU LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEVITHA OCTAVIANA WIRAWAN (E1E019084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DEVITHA OCTAVIANA WIRAWAN (E1E019084).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembar kerja peserta didik merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang seharusnya dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pendidikan dan perkembangan teknologi. Berdasarkaan hasil observasi, lembar kerja yang terdapat di sekolah dasar masih berbentuk cetak dan belum sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKP berbasis HOTS materi pecahan berbantuan Liveworksheets berorientasi pada pemahamn konsep matematika siswa kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) menggunakan model 4D. Subjek dalam penelitian ini yaitu 12 siswa kelas V di SDN 40 Mataram. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi dan media, respon guru dan siswa, serta tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD ini “Sangat Layak” dengan nilai yang diberikan oleh ahli desain 92% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil presentase validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil penilaian guru memperoleh presentase sebesar 94% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 91,5% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil presentase tes kemampuan pemahaman konsep siswa memperoleh presentase sebesar 83% dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LKPD yang layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-LKPD, HOTS, Liveworksheets, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:37
Last Modified: 03 Nov 2023 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43101

Actions (login required)

View Item View Item