MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK PURNAMA PAGUTAN KOTA MATARAM

LAMYA, KAUSARI (2023) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK PURNAMA PAGUTAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAMYA KAUSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LAMYA KAUSARI.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum terbaru kurikulum merdeka di TK Purnama pagutan Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Purnama Pagutan Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek pada penelitian ini adalah 1 guru dan 12 anak kelompok TK B dan Objek penelitian model pembelajaran berbasis projek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dari hasil lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran sebagai implementasi kurikulum merdeka layak digunakan dengan persentase 90,27% berdasarkan uji coba produk oleh ahli. Pelaksanaan model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka dalam setiap pengembangannya dengan persentase tahap pengembangan I yang dilaksanakan guru sebanyak (75%) dan perkembangan anak sejumlah (66%). Sedangkan pada tahap pengembangan II pelaksanaan pembelajaran berbasis projek yang dilaksanakan guru sejumlah (85%) dan perkembangan anak dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis projek sebanyak (81%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa model pembelajaran berbasis projek sebagai implementasi kurikulum merdeka di TK Purnama Pagutan Kota Mataram sudah terlaksana sesuai dengan capaiannya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Projek, Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:42
Last Modified: 07 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43116

Actions (login required)

View Item View Item