MEI, DIRIZKI (2023) IDENTIFIKASI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN SEKARBELA, KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI MEY TERBARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
JURNAL_MEIDIRIZKI_PAUD.pdf Download (773kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri anak sehingga guru perlu memaksimalkan metode pembelajaran apa saja yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling, Populasi sebanyak 32 TK dan 125 guru, diambil 20% sebagai sampel pada populasi dan mendapatkan 25 guru sebagai sampel dan 6 TK, dengan metode pengumpulan data yaitu angket dan wawancara sebagai pelengkap. Adapun hasil perolehan persentase yang paling sering digunakan guru dalam penelitian identifikasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai berikut: Metode bermain 91%, metode tanya jawab 86% dan metode bercerita 80% , metode bernyanyi 69% dan metode paling rendah yakni metode karyawisata dengan jumlah persentase 63%. Berdasarkan hasil persentase yang telah diperoleh dapat disimpulkan metode yang paling signifikan ntuk meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun adalah metode bermain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Pembelajaran, Kepercayaan Diri Anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:42 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43118 |
Actions (login required)
View Item |