PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASEDLEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAPADAMATAPELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN2 PUJUT

SETIA LARA, WANGGI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASEDLEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAPADAMATAPELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN2 PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SETIA LARA WANGGI_E1A019094 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_SETIA LARA WANGGI_E1A019094.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan pada kemampuan berpikir kreatif sertapembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada matapelajaran IPA kelas VII di SMPN 2 Pujut. Jenis penelitian ini adalah penelitianquasi experiment desain penelitian non-equivalent control group denganpendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VII di SMPN 2 Pujut sebanyak 98 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji hipotesis dianalisis denganmenggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-ratahasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi etnosains yaitu 76,68 tergolongdalam kategori yang kreatif dan yang menerapkan model pembelajarankonvensional yaitu 69,00 tergolong dalam kategori cukup kreatif. Hasil uji hipotesis dengan statistik uji Independent T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi etnosains terhadap kemampuanberpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN2 Pujut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Project Based Lerning, Etnosains, Berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:42
Last Modified: 07 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43129

Actions (login required)

View Item View Item