HARISA RABISALLY, GUSTIANA (2023) IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK PURNAMA KARANG GENTENG MATARAM TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
HARISA SKRIPSI FILE OFFLINE (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Jurnal_HarisaRabisallyG_PAUD_Revisi.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru TK Purnama masih mengajar dengan metode ceramah dan lembar kerja, bukan mengajak anak untuk mendapatkan pembelajaran secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains anak usia dini pada usia 5-6 tahun di TK Purnama Karang Genteng Mataram tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak kelas B2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa deskriptif dan persentase. Hasil identifikasi keterampilan proses sains di TK Purnama mendapatkan hasil yang baik dengan hasil kemampuan observasi, membandingkan, klasifikasi, dan kemampuan mengukur dari 16 anak sebanyak 15 anak keterampilan proses sains terlaksana sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sains tidak terlaksana (6,25%). Pada kemampuan komunikasi dari 16 anak sebanyak 15 anak masuk kategori keterampilan proses sains terlaksana tidak sesuai dengan capaiannya (93,75%), dan 1 anak keterampilan proses sainsnya tidak terlaksana (6,25%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:48 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43135 |
Actions (login required)
View Item |