NITA PRISMA, YUNA (2023) THE EFFECTIVENESS OF SHOW & TELL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY IN EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL AT EAST LOMBOK REGENCY. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI-Nita_Prisma_Yuna-revisi_sidang.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Artikel Nita Prisma Yuna.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik Show & Tell efektif dalam meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 1 Pringgasela, di Kabupaten Lombok Timur, pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 25 soal dan dibagi menjadi dua bentuk soal. Pre-test terdiri dari lima belas soal untuk soal pilihan ganda dan sepuluh soal untuk soal menjodohkan. Sedangkan untuk soal post-test dibagi menjadi dua bentuk soal juga, yaitu 15 soal untuk pilihan ganda dan sepuluh soal untuk menjodohkan, dan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test, enactment, dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji hipotesis dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest siswa yang menunjukkan adanya perbedaan yang nyata secara statistik pada durasi yang diamati sebelum dan sesudah perlakuan yang diberikan oleh peneliti. Uji normalitas dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Windows Program. Hasil uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05 untuk pre-test dan 0,105 > 0,05 untuk post-test, maka data yang diperoleh berdistribusi normal Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode Show & Tell memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa, khususnya dalam penguasaan kosakata. Menggunakan pendekatan Show & Tell memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa. Berdasarkan hasil tersebut, teknik Show & Tell terbukti efektif dalam meningkatkan kosakata siswa di kelas VIII-5 di SMPN 1 Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur..
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kosakata, Tehnik Show dan Tell, Pre-test, Post-test |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:48 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43141 |
Actions (login required)
View Item |