THE EFFECTIVENESS OF SHOW & TELL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY IN EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL AT EAST LOMBOK REGENCY

NITA PRISMA, YUNA (2023) THE EFFECTIVENESS OF SHOW & TELL TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY IN EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL AT EAST LOMBOK REGENCY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Nita_Prisma_Yuna-revisi_sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Nita Prisma Yuna.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik Show & Tell efektif dalam meningkatkan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan satu kelompok pre-test dan post-test. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 1 Pringgasela, di Kabupaten Lombok Timur, pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 25 soal dan dibagi menjadi dua bentuk soal. Pre-test terdiri dari lima belas soal untuk soal pilihan ganda dan sepuluh soal untuk soal menjodohkan. Sedangkan untuk soal post-test dibagi menjadi dua bentuk soal juga, yaitu 15 soal untuk pilihan ganda dan sepuluh soal untuk menjodohkan, dan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pre-test, enactment, dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji hipotesis dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest siswa yang menunjukkan adanya perbedaan yang nyata secara statistik pada durasi yang diamati sebelum dan sesudah perlakuan yang diberikan oleh peneliti. Uji normalitas dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Windows Program. Hasil uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,117 > 0,05 untuk pre-test dan 0,105 > 0,05 untuk post-test, maka data yang diperoleh berdistribusi normal Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode Show & Tell memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa, khususnya dalam penguasaan kosakata. Menggunakan pendekatan Show & Tell memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa. Berdasarkan hasil tersebut, teknik Show & Tell terbukti efektif dalam meningkatkan kosakata siswa di kelas VIII-5 di SMPN 1 Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kosakata, Tehnik Show dan Tell, Pre-test, Post-test
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43141

Actions (login required)

View Item View Item