PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

DIKA PRATAMA PUTRA, ISMAIL (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Dika Pratama Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL - Dika Pratama Putra (E1R019041).pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan LKPD berbasis PBL pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Model 4D terdiri dari empat tahap utama, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, kuisioner, dan tes. Kevalidan LKPD berbasis PBL dinilai oleh 3 ahli materi, dan 3 ahli media. Ahli materi memberikan skor rata-rata 4,28 dengan kategori sangat baik dan ahli media memberikan skor rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Kepraktisan LKPD berbasis PBL mendapatkan skor kepraktisan 73% dengan kategori praktis. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas, hasil post-test kemampuan berpikir kreatif matematis pada uji coba terbatas memperoleh skor dengan kategori kreatif, dan skor N-Gain penggunaan LKPD berbasis mendapatkan skor 0,34 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan LKPD berbasis PBL dinyatakan sangat layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang telah di tetapkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning (PBL),
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43144

Actions (login required)

View Item View Item