PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBANTUAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SDN 08 MATARAM

EKA, WIDIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBANTUAN KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SDN 08 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Eka Widia(E1E019098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Eka Widia(E1E019098).pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemampuan membaca siswa di SDN 8 Mataram yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze/Analisis, Design/Desain, Development/Pengembangan, Implementation/Implementasi, dan Evaluation/Evaluasi). Tempat dilakukan penelitian yaitu di SDN 8 Mataram sebanyak 6 orang. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media pembelajaran big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemampuan membaca siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, angket resppon guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemampuan membaca siswa mendapatkan presentase 66% dengan kriteria valid dari ahli media, presentase 73,3% dengan kriteria valid dari ahli materi, presentase 94% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru, presentase 88,48% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa tahap 1, presentase 80,90 % dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa tahap 2, dan presentase 83,33% dengan kriteria sangat efektifdari hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa yang dihitung dengan ketuntasan belajar klasikal. Oleh karena itu dapat disimpullkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media big book berbantuan kartu kata dalam pembelajaran tematik berorientasi pada kemamppuan membaca permulaan siswa sudah layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas 2 SDN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media big book, media kartu kata, pembelajaran tematik, kemampuan membaca permulaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43145

Actions (login required)

View Item View Item