PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Dinda, Oktaviani (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DINDA OKTAVIANI_E1S019022_SKRIPSI__PEND.SOSIOLOGI_PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DINDA OKTAVIANI_E1S019022_ARTIKEL_PENDSOSIOLOGI.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning berbantuan media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sosiologi.Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis quasi eksperime. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS-3 dan XI IPS-4 adalah dua sampel yang diambil penelitian ini. Kelas XI IPS-3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS-4 yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen. Bentuk desain penelitian yang dipilih adalah posttest only with non-equivalent control design. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal uraian yang telah divalidasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji Kolmogorov-Smirnov. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan terdapat perbedaan nilai mean antara kelas eksperimen (80,18) dan mean kelas kontrol (61,59). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbantuan media canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): project based learning, berpikir kreatif, canva
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43149

Actions (login required)

View Item View Item