PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS 5 SDN 1 BATU MEKAR

RIZKA KARIMA, MEILIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS 5 SDN 1 BATU MEKAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKA KARIMA MEILIN_E1E018126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RIZKA KARIMA MEILIN_E1E018126.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif pada muatan pelajaran IPS siswa kelas 5 SDN 1 Batu Mekar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental type Nonequevalen Control Grup Design. Populasi penelitian sebanyak 59 siswa SDN 1 Batu Mekar, yakni 31 siswa kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas 5B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji independent sample t-test dengan bantuan spss 23.0 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,011 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarakan data yang didapat maka dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan berpikir kreatif pada muatan pelajaran IPS siswa kelas 5 SDN 1 Batu Mekar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Peta Pikiran, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43157

Actions (login required)

View Item View Item