DAMPAK TAYANGAN KEKERASAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba)

Tina, Amalia (2023) DAMPAK TAYANGAN KEKERASAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX TINA AMALIA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL TINA AMALIA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi di Indonesia telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir yang disebut media sosial. Media sosial yang berkembang pesat antara lain media sosial Facebook, Twitter, Youtobe dan Instagram. Media sosial dapat di diakses oleh siapa saja mulai dari kalangan dewasa sampai anak anak dan mereka berpotensi menonton tayangan tayangan kekerasan yang ditampilkan melalui media tersebut. Tayangan kekerasan di media sosial online diduga mempengaruhi perilaku remaja dengan meniru adegan kekerasan. Berdasarkan data pengguna aktif media sosial di Indonesia, kalangan remaja paling sering menggunakan media sosial yang memungkinkan di dalam media sosial tersebut adanya tayangan-tayangan kekerasan yang bisa berdampak pada prilaku bullying. Media sosial dapat diakses oleh siapa saja, bahkan beberapa orang yang sering mengakses media sosial tidak mengetahui banyak tentang penggunaannya. Sosial media dapat diakses dari kalangan dewasa bahkan anak-anak dapat dengan mud ahnya mengakses media sosial tanpa memahami dampak media sosial. Media sosial memiliki dampak positif dan negatif pada remaja. Efek positifnya berkurang ketika mereka menggunakan media sosial tidak baik sehingga media sosial kerap berpotensi mempengaruhi pola berpikir seseorang dan membentuk kepribadian individu sehingga muncul berbagai karakter perilaku kekerasan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba Untuk mengetahui dampak tayangan kekerasan di media sosial terhadap perilaku bullying pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba. Kemudian untuk metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba terindikasi menunjukan bahwa adanya bullying verbal dan bullying mental yang dilakukan masih dalam tingkat rendah adapun dampak tayangan kekerasan di media sosial terhadap perilaku bullying pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba yaitu dampak mental dan dampak verbal yang diakibatkan dari menonton program kekerasan di media sosial, sehingga tayangan kekerasan di media sosial berdampak kepada anak-anak yang menonton program kekerasan, mereka cenderung semakin agresif dan semakin besar kemungkinan melakukan tindakan tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak, tayangan kekerasan, media sosial, bullying.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:49
Last Modified: 07 Nov 2023 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43184

Actions (login required)

View Item View Item