REZKI, TRIVIANANDA (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MASA PANDEMI COVID-19 GURU KELAS V SDN 1 LEMBUAK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_REZKI TRIVIANANDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
JURNAL SKRIPSI REZKI TRIVIANANDA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan global dengan memaksa institusi pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang efektif selama pandemi, khususnya bagi guru kelas V di SD Negeri 1 Lembuak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pengalaman dan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 1 Lembuak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 1 Lembuak berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada kelas lainnya. Pada kelas lain, pelaksanaan pembelajaran di kelas lebih cenderung ke pelaksanaan pembelajaran dengan sistem online atau dalam jaringan saja. Adapun kelas V sendiri menerapkan dua startegi pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dengan pendampingan belajar kegiatan guru keliling. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hadirnya pandemi Covid-19 guru kelas V menerapkan strategi pembelajaram dalam jaringan dan luar jaringan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Lembuak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 00:17 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 00:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43203 |
Actions (login required)
View Item |