TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING LISTENING: A CASE STUDY AT SMAN 1 TERARA

Nazla Putri, Rinjani (2023) TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING LISTENING: A CASE STUDY AT SMAN 1 TERARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAZLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL NAZLA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Mendengar adalah kemampuan penting dalam proses pembelajaran dan pengajaran suatu bahasa tertentu. Kemampuan mendengar memungkinkan siswa untuk memahami dan merespons bahasa lisan dalam situasi nyata. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, mendengar sangat penting karena merupakan salah satu dari empat keterampilan utama yang harus dikuasai untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menggambarkan masalah sebenarnya yang dihadapi siswa dalam mendengar di SMAN 1 Terara dan (2) untuk menggambarkan strategi-strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi pengajaran mendengar di SMAN 1 Terara. Penelitian ini merupakan studi kasus. Peserta penelitian ini adalah guruguru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas sebelas di SMAN 1 Terara, yaitu Ibu X dan Ibu Y. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah sebenarnya yang dihadapi siswa dalam kelas mendengar di SMAN 1 Terara dapat dikategorikan menjadi masalah linguistik dan nonlinguistik. Masalah linguistik meliputi pengucapan, intonasi, sistem suara, kosakata, dan struktur sintaksis. Oleh karena itu, masalah non-linguistik meliputi ketidaktersediaan fasilitas, faktor-faktor pembelajar, lingkungan kelas, kurangnya pelatihan dan latihan, kompetensi guru, dan waktu yang diberikan untuk pengajaran bahasa Inggris. Strategi-strategi guru dalam mengatasi pengajaran mendengar mencakup strategi kognitif, strategi metakognitif, dan strategi sosioafektif. Namun, strategi metakognitif paling sering digunakan oleh Ibu X, sementara strategi sosio-afektif paling sering digunakan oleh Ibu Y.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guru, Mendengar, Masalah Mendengar Siswa, Pengajaran Mendengar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43214

Actions (login required)

View Item View Item