MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MAJAPAHIT KOTA MATARAM

NOVITA EKA, SAPUTRI (2023) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MAJAPAHIT KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Novita Eka Saputri_E1F019056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel_Novita Eka Saputri_E1F019056.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian pembelajaran Problem Based Learning pada anak kelompok B TK Majapahit Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 7 anak kelompok B TK Majapahit. Penelitian menyatakan bahwa pada tahap pengembangan I mendapatkan skor 182 dengan persentase rata-rata 58% termasuk kategori masih berkembang yang kemudian meningkat pada tahap pengembangan II dengan skor 243 dengan rata-rata persentase 87% mendapat kategori berkembang sesuai harapan. Dengan meningkatnya penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menyatakan bahwa pengimplementasian pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kondusif dan mudah dipahami oleh anak TK B Majapahit Mataram. Peningkatan yang terjadi dikarenakan perbaikan dari proses pembelajaran sehingga kemampuan anak semakin meningkat dan keterampilan berpikir kritis anak semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Masalah, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43217

Actions (login required)

View Item View Item