KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 46 CAKRANEGARA

YUNI, SAPUTRI (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 46 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YUNI SAPUTRI NIM_E1E019336.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_merged.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 46 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 46 Cakranegara yang berjumlah 50 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, VA dan VB. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual efektif terhadap hasil belajar IPS, ini ditunjukkan dengan hasil nilai effect size yang didapatkan sebesar 1,044 dilihat dari kriteria berada pada kisaran nilai 0,8 termasuk kategori tergolong tinggi yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual memiliki efektifitas yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 46 Cakranegara dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Inside Outside Circle (IOC), Media Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item