FIRDA HASNAWATI, AGUSTINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA CREATIVITY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 02 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI FIRDA HASNAWATI AGUSTINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
JURNAL SKRIPSI FIRDA HASNAWATI AGUSTINA.pdf Download (571kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Creativity Box untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah 18 anak sedangkan objek pada penelitian ini sebanyak 7 anak dengan metode analisis data kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan kusioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Creativity Box yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli 1 dan 2 dinyatakan sangat baik dengan persentase 92,8%. Kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Creativity Box untuk anak usia 5-6 tahun pada Tahap Pengembangan I memperoleh persentase rata-rata 53,5% (Berkembang Sesuai Harapan) sedangkan pada Tahap Pengembangan II kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun memperoleh persentase rata-rata 85,5% (Berkembang Sangat Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa capaian kemampuan membaca permulaan menggunakan media Creativity Box mengalami peningkatan 33% yaitu dari 53,5% (Berkembang Sesuai Harapan) sampai dengan 85,5% (Berkembang Sangat Baik) yang berarti penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengalami keberhasilan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Creativity Box, Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 00:18 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 00:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43228 |
Actions (login required)
View Item |