FIKA, ANDRIANI (2023) THE EFFECTIVENESS OF SKIMMING TECHNIQUE IN TEACHING READING SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 NARMADA ACADEMIC YEAR 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI - FIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
ARTIKEL 5 - FIKA ANDRIANI.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional banyak digunakan sebagai media komunikasi di seluruh dunia. Bahasa tidak hanya digunakan untuk percakapan sehari-hari, tetapi juga digunakan dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan sebagai nya, baik lisan maupun tulisan. Dalam bahasa Inggris siswa harus menguasai empat keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik membaca cepat atau biasa dikenal dengan ‘skimming’ dalam pembelajaran keterampilan membaca. Rancangan eksperimen yang diciptakan oleh Arkunto (2006) adalah rumus yang digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung dan menguji keefektifan teknik membaca cepat (skimming) dalam pembelajaran keterampilan membaca. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas sebelas peminatan ilmu pengetahuan alam (Mipa) yaitu Mipa 3 dan Mipa 4 Sman 1 Narmada Tahun Akademik 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terbagi menjadi pretest dan post-test, perlakuan, wawancara, dokumentasi dan dianalisis menggunakan rumus t-test. Untuk mengetahui seberapa dekat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, digunakan dua macam pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mendapat skor tinggi setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Ditambahkan, hasil penelitian juga menunjukkam bahwa hipotesis alternatif diterima karena hasil t-test lebih tinggi dari t-tabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa dalam keterampilan membaca setelah mendapatkan perlakuan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Teknik membaca cepat (skimming), kemampuan membaca siswa, keefektifan, pengajaran membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 00:18 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 00:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43231 |
Actions (login required)
View Item |