THE EFFECTIVENESS OF SKIMMING TECHNIQUE IN TEACHING READING SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 NARMADA ACADEMIC YEAR 2021/2022

FIKA, ANDRIANI (2023) THE EFFECTIVENESS OF SKIMMING TECHNIQUE IN TEACHING READING SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 NARMADA ACADEMIC YEAR 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - FIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL 5 - FIKA ANDRIANI.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional banyak digunakan sebagai media komunikasi di seluruh dunia. Bahasa tidak hanya digunakan untuk percakapan sehari-hari, tetapi juga digunakan dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan sebagai nya, baik lisan maupun tulisan. Dalam bahasa Inggris siswa harus menguasai empat keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik membaca cepat atau biasa dikenal dengan ‘skimming’ dalam pembelajaran keterampilan membaca. Rancangan eksperimen yang diciptakan oleh Arkunto (2006) adalah rumus yang digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung dan menguji keefektifan teknik membaca cepat (skimming) dalam pembelajaran keterampilan membaca. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas sebelas peminatan ilmu pengetahuan alam (Mipa) yaitu Mipa 3 dan Mipa 4 Sman 1 Narmada Tahun Akademik 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terbagi menjadi pretest dan post-test, perlakuan, wawancara, dokumentasi dan dianalisis menggunakan rumus t-test. Untuk mengetahui seberapa dekat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, digunakan dua macam pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mendapat skor tinggi setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Ditambahkan, hasil penelitian juga menunjukkam bahwa hipotesis alternatif diterima karena hasil t-test lebih tinggi dari t-tabel. Dengan demikian, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa dalam keterampilan membaca setelah mendapatkan perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik membaca cepat (skimming), kemampuan membaca siswa, keefektifan, pengajaran membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43231

Actions (login required)

View Item View Item