UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POPSCRAP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA

SITI SARI AINUN MUSLIMAH, JAMALUDIN (2023) UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POPSCRAP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN 48 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX SITI SARI AINUN M.J. E1E019303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_SITI SARI AINUN M.J. E1E019303.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Popscrap Book pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 48 Cakranegara. Media tersebut dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dari tempelan potongan–potongan kertas yang berisi teks, gambar, foto, dan cerita. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang bersifat longituginal (beberapa tahap). Adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) analiysis (analisis), 2) design (desain), 3) implementation (implementasi) dan 4) pengujian (uji coba). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket. Pada tahap validasi melibatkan ahli media dan ahli materi sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan peserta didik digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran Popscarp Book. Hasil uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek desain dan efisiensi mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 91,07%, menurut ahli materi ditinjau dari aspek isi dan pembelajaran mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,75%. Hasil uji pemakaian dari respon peserta didik mendapat kriteria sangat baik dengan rerata presentase 90,62%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran Popscrap Book sangat layak diterapkan pada peserta didik kelas IV SDN 48 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Popscrap Book, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43234

Actions (login required)

View Item View Item