IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 23 AMPENAN

FAUZI MAHA, ADIYATMA (2023) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 23 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_FAUZI MAHA ADIYATMA_E1E218054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
1725-Article Text-8715-1-10-20231101.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sejak sekolah dasar merupakan cara yang efektif untuk menanamkan serta mengembangkan nilai-nilai kebaikan kepada peserta didik. Adapun subjek peneltian yang dijadikan informan penelitian adalah orang yang terlibat langsung dalam penerapan karakter di Kelas V SD Negeri 23 Ampenan. Dan informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik yang ada di Kelas V SD Negeri 23 Ampenan. Hasil penelitian ini bisa dilihat dari Observasi guru pada saat kegiatan pembelajaran yang dimana guru selalu memberikan sikap tauladan yang baik terhadap siswa saat masuk kelas dan selalu menganjurkan untuk berdo`a terlebih dahulu sebelum belajar dan guru menjadi fasilitator guna menumbuhkan keaktifan siswa serta menumbuhkan rasa disiplin siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dan yang kedua dari segi Wawancara dan Dokumentasi guru atau wali kelas V tentang implementasi pendidikan karakter disekolah yang mengacu pada kurikulum SD 2013 yang sewalaupun tidak dicantumkan dalam mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SDN 23 Ampenan mencakup tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan tahap awal dalam melaksanakan pendidikan karakter, guru berpedoman pada buku panduan kurikulum merdeka belajar dari Kemendikbud yang berisi mengenai nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan pada siswa dalam kehidupan sehari-hari sesuai ajaran Islami dan Nasionalis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Karakter, Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43235

Actions (login required)

View Item View Item