IDENTIFIKASI PENGENALAN MAKANAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MUATAN LOKAL DI PAUD SEKECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM

NI LUH VIDYA, WULANDHARI (2023) IDENTIFIKASI PENGENALAN MAKANAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MUATAN LOKAL DI PAUD SEKECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI LUH VIDYA WULANDHARI (FIXX 1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NI LUH VIDYA WULANDHARI.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makanan tradisional yang sudah dikenalkan, makanan tradisional yang dominan dikenalkan dan makanan tradisional yang dominan diminta anak untuk dibuat kembali serta mengetahui langkah-langkah pengenalan makanan tradisional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 124 orang guru dengan sampel 12 orang guru PAUD Sekecamatan Cakranegara Kota Mataram. Penelitian ini meupakan penelitian survei dan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan observasi serta teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa makanan tradisional yang sudah dikenalkan meliputi plecing, sate bulayak, beberuk, cerorot, jaje opak, ayam bakar taliwang, klepon, lumpia, getuk lindri, onde-onde dan nagasari adapun yang dominan yang dikenalkan ialah plecing dan klepon (66%) serta yang dominan diminta anak untuk dibuat kembali adalah klepon (50%). Media yang digunakan dalam pengenalan berupa makanan atau bendanya langsung, visual dan audio visual serta metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, praktek langsung dan tanya jawab. Pengenalan bahan dan alat dikenalkan dengan cara menyebutkan dan menjelaskan dengan bendanya langsung serta cara pembuatan dikenalkan dengan cara menyebutkan, menjelaskan dan praktek langsung adapun penyediaan bahan dan alat yang diperlukan disediakan pihak sekolah serta sebagain besar makanan tradisional dikenalkan beberapa kali selama 1 tahun dan sebagian besar dikenalkan di Hari Sabtu minggu ke 3.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengenalan, Makanan Tradisional, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43247

Actions (login required)

View Item View Item