PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 3 MIDANG

KHAIRUL, IKHSAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU SASAK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 3 MIDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Khairul Ikhsan (E1E019171).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Khairul Ikhsan (E1E01971).pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point interaktif berbasis kearifan lokal suku Sasak terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 3 Midang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari penggunaan media power point interaktif berbasis kearifan lokal suku Sasak terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan seluruh kelas IV yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov, uji homogenitasmenggunakan levene test, dan uji hipotesis menggunakan polled varian. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis adalah bahwa thitung 5,481 > ttabel 2,048 dengan nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 yang berarti bahwa 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media power point interaktif berbasis kearifan lokal suku Sasak terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 3 midang

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Media Power Point Interaktif, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43252

Actions (login required)

View Item View Item