ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN INPRES NAE

RAKYAL, AINI ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL EVALUASI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN INPRES NAE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAKYAL AINI (E1E218133).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL RAKYAL AINI (E1E218133).pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyusunan soal evaluasi berbasis HOTS dan mendeskripsikan kesulitan guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS dalam pembelajaran kurikulum 2013 di SDN Inpres Nae. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dimana subjek penelitian ini adalah guru di SDN Inpres Nae yang mengajar pada kelas IV, V dan VI dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang. Data dianalisis dari hasil pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi berupa dokumen PAS. Data kemudian direduksi, disajikan data dalam bentuk uraian serta ditarik kesimpulan. Berdasarkan data diperoleh dapat diketahui bahwa dalam langkah-langkah penyusunan soal HOTS masih banyak guru-guru yang tidak mengenal bagaimana langkah-langkah penyusunan HOTS yang terdiri dari menganalisis KD, menyusun kisi-kisi soal, memilih stimulus yang tepat dan kontekstual, menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal dan membuat pedoman pensekoran dan kunci jawaban. Hal ini memberikan dampak besar dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, dimana ditemui kesulitan guru diantaranya; 1) Kesulitan menganalisis tingkat kognitif pada Kompetensi Dasar, 2) Kesulitan merumuskan bentuk soal muatan HOTS dan 3) Kesulitan membuat dan menemukan stimulus yang tepat dan kontekstual yang dapat digunakan agar sejalan dengan kompetensi dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru-guru di SDN Inpres Nae mengalami banyak kesulitan dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS, hal ini didorong oleh minimnya sosialisasi dari pemerintah dalam memberikan pelatihan dan bimbingan menyeluruh terhadap setiap sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kurikulum 2013, HOTS, kesulitan guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43256

Actions (login required)

View Item View Item