PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGENALKAN BUDAYA SASAMBO PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

HELMI, ANISAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENGENALKAN BUDAYA SASAMBO PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi helmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
10533-Article Text-45408-1-10-20231102.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada muatan pembelajaran IPS materi budaya Sasambo siswa kelas IV SD Hadi Sakti. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket. Penelitian pengembangan dimulai dengan menganalisis masalah serta kebutuhan siswa, merancang desain produk, pengembanganproduk, penerapan produk, dan penilaian produk. Hasil uji kelayakan yaitu validasi ahli materi memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat layak, respon siswa terhadap media pembelajaran Fun Thinkers Book melalui uji coba kelompok kecil (5 siswa) dengan persentase 88% dengan kategori sangat layak, uji coba kelompok besar (16 siswa) dengan persentase 89% dengan kategori sangat layak, dan respon guru memperoleh persentase 94,66% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Budaya Sasambo, Fun Thinkers Book, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43265

Actions (login required)

View Item View Item