PENGARUH STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SAKRA

RABIATUL, ADAWIYAH (2023) PENGARUH STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SAKRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rabiatul Adawiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Rabiatul Adawiyah.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Directed Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra yang terdiri dari delapan kelas dan sample yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol sejumlah 25 siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen sejumlah 25 siswa dengan perlakuan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik nonprobability sampling dengan menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-tes dengan taraf signifikans 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest memahami teks eksposisi kelas kontrol sebesar 39,8 dan kelas eksperimen sebesar 42,4. Nilai rata-rata posttest memahami teks eksposisi kelas kontrol sebesar 79,8 dan kelas eksperimen sebesar 84. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eskposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,293 dan ttabel sebesar 1,677, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung < ttabel yang menyatakan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan memahami teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sakra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, Strategi Directed Reading Thinking Activity, teks eksposisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43266

Actions (login required)

View Item View Item