HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SDN 13 AMPENAN

LOLITA YULIS, PUSVITA (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V SDN 13 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LOLITA YULIS PUSVITA E1E019188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V SDN 13 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk variabel keterampilan komunikasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan hasil belajar. Subjek penelitian sebanyak 55 siswa kelas V SDN 13 Ampenan yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis menggunakan rumus Kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan keterampilan komunikasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 13 Ampenan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dengan rhitung 0,367 > rtabel 0,266. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan komunikasi dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 13 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Keterampilan Komunikasi,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43278

Actions (login required)

View Item View Item