PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK GUGUS II BRANG REA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Yusril, Mahendra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK GUGUS II BRANG REA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD SKRIPSI_YUSRIL_MAHENDRA_ CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YUSRIL MAHENDRA.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa, dimana siswa belum mampu menguasai struktur kalimat, kosa kata, kefasihan, dan siswa masih dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dimana siswa masih menggunakan bahasa daerahnya dan tidak menggunakan bahasa Indonesia. dengan baik dan benar. serta pendidik yang masih menggunakan model pembelajaran lama. Solusi dari permasalahan diatas adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V Gugus II Brang Rea tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, desainnya menggunakan desain quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel datanya menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan untuk mengambil beberapa sampel dari beberapa populasi). Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi dimana hasil posttest pada kelas kontrol menunjukkan ketuntasan 60% dan pada kelas eksperimen menunjukkan ketuntasan 100% dengan rata-rata skor 78. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil Sig. 0,002 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti 0,002 < 0,05 yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima atau terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berbicara siswa Brang Rea Kelompok II tahun ajaran 2022/ tahun ajaran 2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning. Keterampilan Berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43282

Actions (login required)

View Item View Item