PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 2 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA TAHUN AJARAN 2023/2024

Miftahul, Janah (2023) PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 2 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI MIFTAHUL JANAH_E1R019098_PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel _ Miftahul janah.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Mataram dalam menyelesaikan soal statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 sebanyak 32 orang dengan subjek wawancara sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada siswa yang memiliki prestasi belajar dengan kategori tinggi, prestasi belajar kategori sedang hanya 1 orang dan sisa lainnya berada pada prestasi belajar kategori rendah sebanyak 31 orang. Siswa dengan kemampuan representasi matematis kategori tinggi terdapat 10 orang, kategori sedang terdapat 17 orang siswa dan kategori rendah terdapat 5 orang siswa. (2) Kemampuan representasi matematis kategori tinggi hanya terdapat 1 orang siswa yang berada pada prestasi belajar kategori sedang dan sisa lainnya berada pada prestasi belajar kategori rendah. Siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis kategori sedang dan kategori rendah juga berada pada prestasi belajar kategori rendah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Representasi Matematis, Prestasi Belajar, Statistika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43287

Actions (login required)

View Item View Item