TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 37 AMPENAN, MATARAM

ASTRIED SALMA, FAHIRA (2023) TINDAK TUTUR EKSPRESIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 37 AMPENAN, MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAAAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Astried Salma Fahira E1C019019 (bastraindo).pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui jenis-jenis tindak tutur eskpresif guru dan siswa dalam pembelajaran di ruangan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan tinjauan teori pragmatik. Data yang dipakai adalah tindak tutur ekspresif guru dan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung di kelas.Berdasarkan hasil analisis datadapat ditemukan frekuensi kemunculan tindak tutur ekspresif. Frekuensi kemunculan tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat sebanyak 3 kali dengan persentase 9,67%, berterima kasih sebanyak 2 kali dengan persentase 6,45%, belasungkawa sebanyak 1 kali dengan persentase 3,22%, menyalahkan sebanyak 15 kali dengan persentase 48,38%, meminta maaf sebanyak 2 kali dengan persentase 6,45%, memuji sebanyak 8 kali dengan persentase 25,80%, dan menyindir sebanyak 1 kali dengan persentase 3,22%. Jumlah paling banyak pada tuturan jenis menyalahkan sebanyak 15 kali. Jenis tuturan paling sedikit pada tuturan belasungkawa dan menyindir sebanyak 1 kali. Bentuk tindak tutur ekspresif jenis mengucapkan tuturan menyalahkan dan memuji paling banyak ditemukan. Karena jenis memberikan bentuk menyalahkan merupakan bagian dari memberikan arahan dan dampingan serta peringatan adanya kesalahan dari siswa, tujuan guru untuk memberikan kelas yang kondisif serta memberikan arahan kepada siswa untuk berperilaku baik pada lingkungan sekolah terutama di kelas. Selain itu tugas guru untuk mendidik serta membimbing siswa, sehingga guru tidak lupa memberikan kenyamanan dan rasa hangat seperti adanya ungkapan apresiasi kepada siswa, yang merupakan bentuk lain jenis ekspresif memuji.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tindak tutur, tindak tutur ekspresif, guru dan siswa dalam pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43291

Actions (login required)

View Item View Item