PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 AIKMEL

HIDAYATUL, MARDIANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Hidayatul Mardianti_E1S019035_Pendidikan Sosiologi_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Hidayatul Mardianti_E1S019035_Pendidikan Sosiologi_Jurnal.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar sosiologi siswa. Populasi dalam riset ini ialah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Aikmel, yang sampelnya diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan tipe quasy experiment dengan rancangan posttest only with non equivalent control group design. Adapun pengumpulan informasi memakai uji berupa opsi ganda yang telah terpenuhi ketentuan pengujian instrumen. Analisis informasi memakai statistik deskriptif. Ada pula uji persyaratan data diuji cobakan dengan memakai uji normalitas serta uji homogenitas. Hasil riset ini menampilkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar sosiologi dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 (5%). Hal ini membuktikan kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang diukur dengan aspek kognitif C1, C2, C3, C4. Implikasi secara teoritis bahwa temuan ini mengkonfirmasi penguatan teori yang menjadi basis model pembelajaran quantum teaching khususnya pada teori konstruktivistik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): quantum teaching, flashcard, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43302

Actions (login required)

View Item View Item