PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI UNSUR-UNSUR DAN BAGIAN-BAGIAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP

Ni Luh Niken Ayu, Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI UNSUR-UNSUR DAN BAGIAN-BAGIAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL JILID TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL NIKEN BARU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika membutuhkan bantuan media pembelajaran untuk memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran untuk siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dilakukan dengan prosedur penelitian model ADDIE dengan lima langkah pengembangan yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 telah diujicoba oleh siswa kelas VIII-G SMPN 5 Mataram. Kevalidan media pembelajaran diperoleh pada tahap pengembangan melalui analisis hasil angket validasi dengan skor 87% dan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh pada tahap ujicoba melalui analisis hasil angket kepraktisan dengan skor 87% dan kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa. Diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 86%, sehingga media pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. Media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Articulate Storyline 3, Lingkaran, Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43304

Actions (login required)

View Item View Item