ANALISIS LAJU RESAPAN LUBANG BIOPORI PADA BEBERAPA JENIS SAMPAH ORGANIK DI WILAYAH PERUMAHAN MAHKOTA GRIYA ASRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT

I WAYAN BAGUS, WIDIANA (2023) ANALISIS LAJU RESAPAN LUBANG BIOPORI PADA BEBERAPA JENIS SAMPAH ORGANIK DI WILAYAH PERUMAHAN MAHKOTA GRIYA ASRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I WAYAN BAGUS WIDIANA F1A118035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI I WAYAN BAGUS WIDIANA F1A118035.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Lingsar merupakan daerah dengan curah hujan relatif tinggi dan rata-rata perbulan 216,75 mm, dan saat ini sering terjadi perubahan penggunaan lahan menjadi sarana prasarana pemukiman, mengakibatkan kurangnya ruang terbuka hijau dan daerah resapan air. Salah satunya yang mengalami perubahan adalah dari sawah menjadi permukiman yaitu Perumahan Mahkota Griya Asri, dengan drainase tidak berfungsi secara maksimal dikarenakan sampah dan bekas puing-puing bangunan yang mengambat lancarnya aliran drainase tersebut. Untuk itu wilayah permukiman ini perlu dibuatkan lubang resapan biopori (LRB) untuk mengatasi resapan drainase yang kurang maksimal dengan titik pemasangan di R (B.26), R (C.19), R (D.17) dan R (D.16). Lubang resapan biopori adalah lubang buatan yang berbentuk silindris dipasang vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 80-100 cm yang tidak melebihi kedalaman muka air tanah. Proses pembuatan yang mudah, murah dan dapat diterapkan di berbagai lokasi. Dalam studi ini digunakan benda uji sebanyak 12 pipa, berdiameter 10 cm dengan kedalaman 80 cm, dan lubang resapan biopori diisi dengan isian sampah organik yaitu sampah sayuran, buah dan daun, dan laju infiltrasi dianalisis dengan menggunakan metode Horton. Berdasarkan perhitungan debit limpasan yang terjadi didapat nilai debit limpasan terbesar pada R. D16 yaitu 0,013 m3/detik. Adapun hasil pengujian infiltrasi di lapangan diperoleh nilai laju infiltrasi terbesar pada sampel tanpa bahan pengisi (LRB III) sebesar 64,364 cm/jam, sampel dengan bahan pengisi sayuran (LRB V) sebesar 72,750 cm/jam, sampel dengan bahan pengisi buah (LRB VII) sebesar 52,615 cm/jam, sampel dengan bahan pengisi daun kering (LRB XII) sebesar 32,000 cm/jam. Jumlah lubang resapan biopori yang dapat diterapkan pada R (D16) sebanyak 13 buah, sehingga total lubang resapan biopori yang dapat diterapkan sebanyak 47 buah. Besar persentase efektivitas lubang resapan biopori pada lokasi lahan R (D16) sebesar 53,964 %. Didapatkan nilai rata-rata persentase efektivitas dari semua lahan sebesar 53,964 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mahkota Griya Asri, Lubang resapan biopori, Infiltrasi, Horton
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43306

Actions (login required)

View Item View Item