PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX MTsN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

YUNI, ARTI (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX MTsN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Yuniarti_skripsiāœ“.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
Yuniarti jurnal.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Mataram pada tahun ajaran 2023/2024 dengan tujuan untuk melihat pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah kelas IX MTsN 1 Mataram. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 MTsN 1 Mataram yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kepercayaan diri, angket kecemasan matematika, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kepercayaan diri siswa kelas IX MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2023/2024 berada pada kategori sedang, dimana frekuensi terbesar berada pada kategori rendah dengan persentase 37,50%. Adapun rata-rata kecemasan matematika siswa berada pada kategori rendah dengan frekuensi terbesar pada kategori rendah yaitu 53,13%. Dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori tinggi dengan frekuensi terbesar pada kategori sedang yaitu 40,63%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 24,9%. (3) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 25,6%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 36,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepercayaan Diri, Kecemasan Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43310

Actions (login required)

View Item View Item