PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATARAM

NADIA, SAFITRI (2023) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX KASET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
jurnalku rev_merged.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh self-efficacy dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan model penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 404 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan koesioner self-efficacy, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan hasil prestasi belajar siswa berupa soal pilihan ganda dan uraian singkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara selfefficacy terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan koefisien variabel sebesar 1,039 dan nilai kontribusi sebesar 44,4%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan koefisien variabel sebesar 1,202 dan nilai kontribusi sebesar 43,4%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan koefisien variabel self-efficacy sebesar 0,694 dan berpikir kritis sebesar 0,785 serta nilai kontribusi sebesar 58%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Self-Efficacy, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43311

Actions (login required)

View Item View Item