OKTA, FITRIANI (2023) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS 1 KECAMATAN LAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Fix Okta Fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
benar2 final jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dan guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Lape. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Subjek penelitian ini adalah 100 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Setelah data diuji prasyarat analisis kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu dengan mencari korelasi product moment dan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Lape. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,046 < alpha 0,05 dengan r-hitung 0,200 > r-tabel 0,195. Dengan melihat hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan dan positif antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN gugus 1 Kecamatan Lape. (2) Terdapat hubungan bimbingan guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Lape. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05 dengan r-hitung 0,375 > r-tabel 0,195. Dengan melihat hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN gugus 1 Kecamatan Lape. (3) Terdapat hubungan bimbingan orang tua dan guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Lape. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji korelasi ganda peroleh nilai signifikansi 0,000 > 0,05 dengan rhitung 0,378 > rtabel 0,195. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan orang tua dan guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Lape.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Bimbingan Orang Tua, Bimbingan Guru, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43328 |
Actions (login required)
View Item |