PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 43 AMPENAN

NILAWAN SAHBANA, PUTRI (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 43 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ya Rohman ACC bu, please bgt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Buku Nilaaw (1).pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar buku cerita bergambar pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 43 Ampenan serta meningkatkan minat mbaca peserta didik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, design, development, implementation, evaluated). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 43 Ampenan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 21 orang. Objek penelitian ini adalah bahan ajar buku cerita bergambar mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan angket skala likert dengan skor penilaian 1 sampai 4 pada analisis data kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar buku cerita bergambar memperoleh nilai persentase sebesar 85,4% dalam kategori valid oleh ahli materi dan memperoleh nilai persentase sebesar 91,0% dalam kategori sangat valid oleh ahli media. Pada segi kepraktisan, pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase sebesar 85,41% dalam kategori praktis dan pada uji coba lapangan memperoleh nilai persentase sebesar 88,3% dalam kategori valid. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini, bahan ajar buku cerita bergambar bermuatan karakter gemar membaca mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDnegeri 43 Ampenan sudah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran di SD Negeri 43 Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:26
Last Modified: 15 Nov 2023 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43332

Actions (login required)

View Item View Item