IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA 5S (senyum,Sapa,Salam,Sopan, dan Santun) DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2022/2023

MAHESA, TARUNA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA 5S (senyum,Sapa,Salam,Sopan, dan Santun) DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAHESA TARUNA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Mahesa Taruna.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Budaya sekolah yang baik sangat mendukung keberhasilan dari program penguatan karakter. Namun, budaya negatif akan menghambat pelaksanaan penguatan karakter di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa budaya sekolah mempunyai pengaruh besar terhadap proses implementasi program budaya 5S dalam penguatan karakter. Dapat dimaknai bahwa penguatan karakter juga memiliki peran untuk menjadi bagian dalam membentuk budaya sekolah yang positif. Oleh karena itu, implementasi program budaya 5S dalam penguatan karakter menjadi hal yang mutlak dibutuhkan oleh sekolah untuk menciptakan budaya sekolah yang kondusif dan memudahkan penanaman niai-nilai karakter pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) bentuk penerapan program budaya 5S di SMPN 1 Lingsar. 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi setiap siswa dan siswi dalam menerapkan program budaya 5S dalam penguatan karakter siswa di SMPN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan survey adalah kepala sekolah dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil program budaya 5S dalam penguatan karakter dengan cara. 1) bentuk penerapan program budaya 5S; siswa diajarkan untuk bisa bersikap sopan dan santun kepada siapapun, siswa juga diajarkan untuk selalu menerapkan budaya 5S ini setiap kali bertemu dengan teman atau guru. Siswa dibiasakan menerapkan program 5S dengan cara pembiasaan rutin dan spontan. 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi setiap siswa dan siswi dalam menerapkan program viii budaya 5S dalam penguatan karakter siswa; Kurikulum, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Masyarakat/diluar sekolah, Pemanfaatan Teknologi dan Lingkungan Keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penguatan Karakter, 5S (senyum,Sapa,Salam,Sopan, dan Santun).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:28
Last Modified: 15 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43349

Actions (login required)

View Item View Item