PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN SOFTWARE DELPHI DAN GEOGEBRA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Baiq Winda Suci, Ramdani (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MENGGUNAKAN SOFTWARE DELPHI DAN GEOGEBRA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Winda Suci Ramdani (E1R017015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal JCAR Baiq Winda Suci Ramdani (E1R017015).pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Rendahnya pengembangan media sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mataram terutama materi geometri khususnya yang berkaitan dengan teorema pythagoras. Dalam penelitian ini dibuat media pembelajaran menggunakan software Delphi dan Geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Dalam penelitian ini, untuk menguji kelayakan media yang dihasilkan digunakan angket yang berupa lembar validasi oleh dua ahli media dan angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk kelayakan media dalam kategori valid dengan rata-rata hasil validasi ahli media dan ahli materi yaitu 0,799, sedang untuk hasil respon peserta didik terhadap media sebesar 83,69% dan dalam kategori sangat baik. Adapun untuk menguji tingkat efektivitas produk akan digunakan intsrumen tes yang terdiri lembar pre-test dan post-test pada 29 peserta didik dan diperoleh rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu 41,86, dan 78,21. Dengan uji t berpasangan atau uji-t sample related dengan software SPSS 21 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.00 < α = 0,05. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan software delphi dan geogebra layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Delphi, Geogebra, Software, Teorema Pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43362

Actions (login required)

View Item View Item