EFEKTIVITAS KEBUN BINA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 6 MATARAM

LILY KHAMIZIN, ZULHIJANI (2023) EFEKTIVITAS KEBUN BINA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LILY KHAMIZIN ZULHIJANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL LILY KHAMIZIN ZULHIJANI.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas kebun bina karakter sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di SMAN 6 Mataram, yang di tinjau dari: 1) proses perencanaan dan pelaksanaan program, 2) dampak pelaksanaan program kebun bina karakter, 3) faktor pendukung dan tantangan program kebun bina karakter. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kemudian Subjek penelitian diambil menggunakan purposive, yakni menentukan subjek berdasarkan kriteria tertentu. Pada tahap akhir, teknik analisis studi kasus yang digunakan terdiri atas memilih tema, topik, dan kasus, kajian literatur, perumusan fokus dan rumusan masalah, pengumpulan data, penyempurnaan data, mengolah data, analisis data, serta kesimpulan penelitian. Adapun hasil dari pelakanaan program kebun bina karakter ialah: 1) peserta didik yang berkarakter, 2) meningkatkan sikap peduli lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai karakter yang muncul melalui pelaksanaan program kerja berupa budidaya tanaman yang mengajarkan peserta didik untuk selalu merawat dan menjaga tanaman serta pembuatan pupuk organik yang mengajarkan peserta didik untuk tidak membuang sampah sembarangan. Yang menghasilkan nilai-nilai baik seperti disiplin, kerja keras, kreatif, komunikatif/cinta damai, peduli lingkungan, tanggung jawab, integritas, toleransi, gotong royong, mandiri dan meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kebun bina karakter, penguatan pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43368

Actions (login required)

View Item View Item