UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SMPN 21 MATARAM

YULI PURNAMA, WATI (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SMPN 21 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YULI PURNAMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal yuli.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Program kampus mengajar atau asistensi mengajar merupakan salah satu program MBKM yang bertujuan untuk membantu sekolah dalam peningkatan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar angkatan 5 diSMPN 21 Mataram, 2) faktor penghambat dan pendukung upaya peningkatan kemampuan literasi dan numeras siswa melalui program kampus mengajarangkatan 5 di SMP Negeri 21 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu Mahasiswa kampus mengajar angkatan 5. Sedangkan informan penelitian ini yaitu, kepala sekolah, siswa dan guru. Tekhnik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya peningkatana literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar angkatan 5 yaitu dengan pengimplementasian program berupa kunjungan perpustakaan, Project Based Learning, sosialisasi kenakalan remaja, adaptasi teknologi, poster motivasi, mengadakan lomba gema ramadhan, dan tembok numerasi. Factor penghambat dan pendukung dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yaitu siswa, orang tua dan sarana teknologi, sedangkan factor pendukungnya yaitu guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kampus Mengajar, Literasi dan Numerasi, SMPN 21 Mataram.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:29
Last Modified: 15 Nov 2023 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item